Senin, 19 Agustus 2019

EtnobEtnobotani dan keanekaragaman senyawa bahan alam pada tumbuhanotani dan keanekaragaman senyawa bahan alam pada tumbuhan

            Di alam dimana didalamnya terdapat berbagai macam keanekaragaman hayati dari tanaman hingga binatang yang hidup dan berkembang di dalamnya. Luasnya keanekaragaman hayati yang ada di alam tentu itu sangat luas sekali. Degan hal ini manusia memiliki akal dan pemikiran untuk memanfaatkannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
            Pemanfaat dari hasil keanekaragaman hayati yang ada di alam tidak serta-merta langsung dapat dimanfaatkan oleh manusia tentu melalui berbagai macam cara dan juga ketidak sengajaan yang membuat berbagai kebermanfaatan bagi umat manusia.
          
Etnobotani merupakan suatu bidang ilmu dimana didalamnya mempelajari tentang suatu kebermanfatan  yang didapat dari keanekaragaman hayati yang ada di alam untuk dapat memberikan berbagai manfaat bagi makhluk hidup lainnya. maanfaat yang di dapat tergolong segala yang ada disekitar manusia dan yang dibutuhkan,baik berupa maknan, pakaian, kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder yang dapat ditemukan. Selain itu di bidang kedokteran juga sangat bermacam sekali manfaat yang di dapat bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Selain itu di dunia fashion juga dapat memanfaatkan inovasi yang ditemukan dari sifat kimia yang ada pada tumbuhan maupun hewan.
            Selain dengan berbagai manfaat tersebut tentu dapat juga menambah nilai ekonomi yang di dapat masyarakat. Dimana masyarakat akan memikirkan nilai ekonomis dan juga manfaanya yang nantinya akan dapat dibutuhkan oleh konsumen dari masyarakat itu sendiri. Karena setiap daerah memiliki ciri khas dari daerahnya dimana setiap daerahnya dapat memanfaatkan dari apa yang mereka temukan di sekitar lingkungannya.
            Dalam memanfaatkan atau untuk mencari bahan kimia yang dapat diunakan manfaatnya dalam suatau tanaman dapat diambil dari berbagai aspek. Misalnya pada tanaman kemiri terdapat biji yang dapat ditemukan berbagai manfaat didalamnya dimana biasanya digunakan untuk industri kecantikan seperti minyak atsiri, indusri makanan untuk bahan penyedap makanan ataupun dalam dunia kedokteran dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa enyakit.

Kandungan kimia yang terdapat pada kemiri mencakup seperti gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak.
Nama Bahan Makanan : Kemiri
Nama Lain / Alternatif : -
Banyaknya Kemiri yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kemiri yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Kemiri = 636 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kemiri = 19 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kemiri = 63 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kemiri = 8 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kemiri = 80 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kemiri = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kemiri = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kemiri = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kemiri = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kemiri = 0 mg
Khasiat / Manfaat Kemiri : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.




            Dari kandungan –kandungan yang ada dalam minyak kemiri tersebut biasanya banyak Yang memanfaatkannya sebagai tambahan dari shampoo karena memiliki kasiat menebalkan rambut, menghitamkan rambut serta berbagai masalah rambut yang dapat dicegah dengan menggunakan minyak kemiri tersebut.

Permasalahan:
1)      Apa sajakah cakupan ilmu  yang dikaji pada Etnobotani ini ?

2)      Dimanakah habitat yang banyak sekali terdapat sumber untuk dapat dikaji melalui ilmu etnobotani ini?
3)      Bagaimanakah senyawa yang ada dalam minyak Kemiri dapat menghitamkan rambut?

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hallo yossi...
    Perkenalkan saya cindy felia agam dengan nim A1C117046 saya akan membantu menjawab permasalahan no 3 kemiri gunanya untuk menghitamkan rambut dimana ia mengandung saponin, falvonoida dan polifenol selain itu senyawa kimia yang terdapat dalam kemiri ex: kalium,fosfor,magnesium dan kasium karena memiliki kandungan mineral .

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum yossi,
    Saya Enung Sundari dengan NIM A1C117056 akan mencoba menjawab pertanyaan no.1 Pada masa sekarang cakupan ilmu etnobotani lebih diarahkan kepada pengetahuan Masyarakat tentang tanaman Obat yang nantinya diharapkan dapat menemukan senyawa Kimia yang nantinya bisa digunakan untuk pembuatan Obat-obatan modern.

    BalasHapus
  4. Saya Friska Utami (A1C117021) Reguler A. Saya akan menjawab pertanyaan no.2. Pada umumnya segala sesuatu yang sering dimanfaatkan oleh manusia berasal dari alam dan sebagian besar dari tanaman. Untuk itu biasanya hutan memiliki keanekaragaman yang berlimpah dan banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan.

    BalasHapus