Sabtu, 21 September 2019

Potensi Pemanfaatan terpenoid untuk makhluk hidup





Sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu keunikan dari terenoid dan juga terpenoid memiliki banyak varian atau beranekaragam. Dengan hal tersebut terpenoid juga memiliki beragam manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Terpenoid memainkan beberapa fungsi fisiologis dan juga ekologis dalam tanaman melalui sistem pertanahan langsung maupun tidak langsung. Dalam kehidupan masyarakat terpenoid dimanfaatkan dalam bidang industri farmasi, industri makanan maupun industri kosmetik. Melalui proses Rekayasa Genetika, peranan terpenoid ini dapat diperluas dengan meningkatkan kemampuan genetik tanaman, dimana yang ditingkatkan pada aroma buah-buahan dan produksi konten terprnoid farmasi dalam tanaman obat.




  Terpenoid ini merupakan salah satu dari delapan kelas utama senyawa fitokimi, selain dari polifenl, glukosinolat, fitosterol, kapsaisin, klorofil, betalain dan pektin sebagai salah satu dari kelompok senyawa fitokimia utama. Terpenoid atau yang dikenal juga dengan isoprenoid merupakan suatu senyawa hidrokarbon hasil metabolisme sekunder yang terdapat pada tumbuhan. Terpenoid ini juga diklelompokkan kedalam dua kelas utama yaitu karotenoid dan  non karotenoid. Karotenoid merupakan komponen fitokimia yang paling penting untuk menjaga kesehatan mata dan juga pada umumnya terdapat pada buah-buahan yang berwarna merah, jingga, hingga kuning. Pigmen yang memberikan warna merah hingga kuning tersebut antara lain adalah likopen, karoten (alfa,beta, dan gamma-beta karoten), lutein daan zeaxanthin, serta axtaxanthin. Pengelompokan senyawa fitokimia berdasarkaan pada pigmen pemberi warna dan sumber bahan pangan dapat dilihat tabel berikut ini.



Pigmen warna
Sumbr zat warna
Beberapa tanaman yang berwarna sesai pigmennya
Merah
Antosianin
Strawberi, rasberi, buah cerry, buah cranberries, buah delima, apel dan anggur merah.
Likopen
Tomat, anggur merah, semangka
Betasianin
Buah bit
Orange
Beta-Karoten
Wortel, mangga, kesemek, labu kuning dan ubi jalar.
Beta-Kriptoxanthin
Jeruk dan jeruk kepcok
Kuning
Lutein dan Zeaxanthin
Jagung dan Alpukat
Curcumin
Kunyit
Biru/Ungu
Antosianin
Bluberries, plum, terong ungu, dan anggur.
Hijau
Klorofil
Brokoi, kubis, bayam, kol, asparagus dan the hijau.
Hitam
Thearunhigens
The Hitam
Antosianin
Blackberries

















Selain komponen karotenoid, pada terpenoid terdapat juga komponen yang tergolong dalam non-karotenoid. Komponen-komponen terpenoid yang termasuk ke dalam golongan non-karotenoid antara lain perillyl alcohol, saponin, terpenol, dan terpene limonoid. Komponen Perillyl alcohol banyak terdapat pada buah ceri dan mint. Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, komponen perillyl alcohol ini bersifat dapat mencegah, memperlambat, atau mempercepat kematian sel kanker di dalam tubuh. Sedangkan saponin memiliki kemampuan untuk mereduksi kolesterol dan melawan kanker kolon. Komponen ini banyak terdapat pada kacang-kacangan. Terpenol merupakan komponen yang mampu memberikan citarasa khusus pada wortel dan dapat mengurangi sel kanker di dalam tubuh. Sedangkan Terpene Limonoid terutama banyak terdapat pada kulit dan membran buah jeruk. Terpene Limonoid banyak terdapat pada jeruk seperti jeruk orange, jeruk lemon, dan juga jeruk nipis. Komponen ini juga dapat mengurangi sel kanker di dalam tubuh.



























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           


Permasalahan :

1)      Bagaimana proses rekayasa genetika dalam pengembangan terpenoid menjadi salah cara untuk menemukan manfaat dari terpenoid apakah yang dikembangkan dari terpenoid?

2)      Mengapa pada Beta-Karoten dan Beta-Kriptoxanthin  dimana merupakan sumber yang menghasilkan warna orang berbda penggolongan buahnya, apa kaitannya dengan struktur ikatan beta?

3)       Mengapa pada terpenoid dibedakan dalam dua kelas utama yaitu karotenoid dan nonkarotenoid apa yang menjadikan keduanya digolongkan berbeda?


4 komentar:

  1. Saya Vinni sridayanti (A1C117030) saya akan menjawab permasalahan no. 2
    Beta karoten dan beta cryptoxantin sama-sama merupaka senyawa karotenoid yang tersusun dari struktur tetraterpen (C40). perbedaan struktur beta pada kedua senyawa ini juga menyebabkan senyawa beta karoten dan beta cryptoxantin mempunyai fungsi yang berbeda pula pada tumbuhan, dimana pada struktur beta karoten terdiri dari hidrokarbon murni (atom C dan H), sedangkan pada beta cryptoxantin memiliki gugus OH

    BalasHapus
  2. 3.karena karotenoid dan nonkarotenoid itu mempunyai karakteristik yang berbeda yang akan menyebabkan golongan terpenoid mempunyai karakteristik yang dapat menggolongkan kedalam karatenoid dan non karotenoid
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. 1. A1C117056
    Menurut pendapat saya pada saat rekayasa genetika pada tumbuhan. tumbuhan yang akan direkayasa telah memiliki kandungan terpenoid, jadi ketika dilakukan rekayasa kandungan terpenoid dpada tumbuhan akan semakin tinggi, contohnya peacotum yang merupakan hasil rekayasa dari tiga buah yaitu, peach, apricot, dan plum. pada peacotum ini kadar terpenoidnya tinggi yang membua daya tahan pada tanaman ini lebih lama.

    BalasHapus
  4. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang bakarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus